Pengecekan oli mesin


  Mendengar kata oli sebagian orang berpikiran hitam kotor lengket sulit untuk di bersihkan.

 Namun peranan cairan pelumas ini sangat berpengaruh penting terhadap umur kendaraan kita, kekurangan level oli mesin dan penggantian yg lambat dapat membuat ongkos perawatan menjadi bertambah.

 pada dasarnya oli ini berfungsi sebagai pelumasan dan pendingin komponen yg ada di dalam mesin, beda type mesin beda pula olinya.

  sebagai contoh di sini saya akan membahas oli mesin berbahan bakar diesel atau solar, oli yg di gunakan biasanya SAE 40 W dan SAE 15 W 40 ini lebih kental di banding oli mesin berbahan bakar bensin di karenakan kompenen dan material yg di gunakan juga berbeda, material pada mesin diesel di buat lebih kuat dan lebih tahan panas sehingga dapat bertahan pada pengoperasian atau jam kerja yg panjang.

  Pengecekan oli mesin biasanya di lakukan di awal shift di pertambangan atau sejenisnya, atau di pagi hari untuk kendaraan pribadi sebelum mesin di hidupkan.

 kita biasa menemukan pengukur atau stick oli ini di dalam ruang mesin, setelah stick ini di cabut maka kita dapat melihat level oli mesin di ujung stick, tanda level oli minimal dan maximal berbeda pada setiap unit, ada yg berupa garis, bolongan, tulisan ataupun sekedar coakan saja,jadi kita harus mengetahui karakter dan jenis mesin yg di gunakan agar tidak salah mengecek atau menambah oli mesin, karena kasus ini sering terjadi apalagi di dalam lingkungan perusahaan yg selalu mendapat mesin dan type yg berbeda sehingga dalam pengisian dan penambahan oli tidak sedikit yg kekurangan bahkan kelebihan.

 sekian untuk pengecekan oli mesin ini, kita akan membahas pengaruh yg di timbulkan  apabila kekurangan atau kelebihan dari oli mesin di artikel selanjutnya.

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPM triton mentok di 1700

penggantian oli mesin

Front axle mitsubishi all new triton