RPM triton mentok di 1700


 

by. saprieadi                   28.januari.2021

beberapa waktu yg lalu kami menemukan kasus yg tidak biasa yaitu mitsubishi triton gls dengan kode KB4T mengalami masalah pada gas yg tidak mau naik lebih dari 1700 RPM. 

yaitu dimana mana mesin pada saat awal di hidupkan kondisi rpm normal normal saja masih dapat di genjot sampai 4000 rpm lebih, tetapi setelah di biarkan idle selama ± 1 menit suara mesin tiba2 berubah dan seketika itu juga rpm mesin sudah tidak dapat mencapai rpm maksimum. 

sebagai langkah awal kami menemukan mencoba menggunakan scanner berbasis obd 2, pada saat di scan muncul DTC po0089 yg menunjukkan kerusakan pada regulator fuel presure dan valve limiter yg posisinya di ujung pipa common rail, dan hasilnya masih sama, jadi langkah berikutnya kami melakukan

- pembersihan intake manifold kebetulan kondisinya juga sangat kotor

- penggantian sensor crankshaft (ckp) 

- penggantian sensor camshaft (cmp)

- penggantian section control valve (scv)

dan hasilnya masih sama, akhirnya di ujung keputusasaan kami mencoba untuk menukar ECU dari unit lain yg masih normal, hasilnya mengejutkan seketika di on gambar engine di panel langsung hilang, dan setelah beberapa menit dalam posisi idle mesin sudah dapat di genjot sampai RPM maksimal.

kesimpulan dari percobaan kami ternyata ada beberapa kasus yg memiliki gejala yg sama tetapi penyakitnya berbeda atau tools scan yg kami gunakan terlalu murah 🤣. 

salam 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

penggantian oli mesin

Front axle mitsubishi all new triton